Setiawan Tiada Tara Saat Menyampaikan Materi Kominikasi Efektif
Yogyakarta, Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora,
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, adakan Communicology Week dengan
mengusung tema “Welcoming Expo ’12, We Create, We Improve, We Share ”.
Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora
setempat serta digelar selama 5 hari pada tanggal 15 – 19 Oktober 2012.
Acara ini terselenggara atas sinergisitas lima komunitas yang aktif di
Prodi Ilmu Komunikasi yaitu, PRO (Public Relation Oriented), KOSTRAD (Komando Strategi Advertising), Rumah Inspirasi Idekata, Neon Photography, dan IKOM UIN Radio.
Dalam acara ini banyak diadakan kegiatan, salah satunya Workshop Public Speaking
dengan merangkul, Setiawan Tiada Tara sebagai pembicara, yang
diselenggarakan 16 Oktober 2012 bertempat di Interaktif Center Fakultas
Isoshum. Dalam workshop ini Setiwan Tiada Tara menyampaikan bahwa
komunikasi itu sebenarnya adalah permainan kata, untuk itu kita harus
berhati-hati memilih kata-kata, karena kata-kata yang kita ucapkan akan
mencerminkan siapa kita. “ jika kita berbicara kita harus memperhatikan
pribadi dan keadaan emosional lawan bicara kita, karena kunci utama dari
komunikasi efektif itu adalah menghormati, bersikap rendah hati serta
pesan yang jelas dan terperinci”, tutur Setiawan yang selalu diselingi
humor. Setiawan menambahkan bahwa dalam berbicara, berapapun audience
nya, kita harus mampu menguasai diri kita, yakin dan percaya diri.
“Dalam Communicology Week ini akan diadakan berbagai workshop dan
kompetisi. Diantaranya, Workshop dan Lomba Kepenulisan di hari pertama,
Workshop Public Speaking pada hari kedua, Workshop TVC di hari ketiga, Workshop Fotografi hari keempat, Workshop Manajemen Radio Streaming di hari kelima, Stand Komunitas, Penampilan Jogjakustik dan ditutup dengan Closing Ceremony”, Tutur Durrotul Mas’udah selaku ketua panitia penyelenggara.
Durrotul Mas’udah menambahkan diadakannya Welcoming Expo ini bertujuan
untuk memberikan gambaran dan pengetahuan yang lebih luas dan mendalam
kepada mahasiswa tentang Ilmu Komunikasi. Selain itu, acara ini juga
bertujuan untuk memperkenalkan kelima komunitas yang ada di Prodi Ilmu
Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Humaniora, UIN Sunan Kalijaga, sehingga
diharapkan akan menumbuhkan minat mahasiswa terhadap berbagai bidang
Ilmu Komunikasi.
“ Kegiatan ini sangat membantu sekali eksistensi dari komunitas yang
ada di Prodi Ilmu Komunikasi, karena dengan acara ini komunitas dapat
memamerkan prestasi-prestasi yang telah di capai dan sebagai ajang
sosialisasi komunitas kepada mahasiswa baru dan masyarakat luas ”, ucap
Febrian Zulkarnaen, Ketua Neon Photography Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora .
Diah Ajeng, M.Si, Dosen Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan
Humaniora menyampaikan bahwa, jajaran Prodi sangat mendukung kegitan
ini. Diharapkan dengan Communicology Week ini, mahasiswa menjadi lebih
berkembang wawasannya dan mulai memaksimalkan seluruh potensi yang
dimiliki karena perkembangan Komunikasi sangat cepat dan fleksibel.
(Doni Tri W- Humas UIN Suka).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar