Selasa, 16 Oktober 2012

Berita Terkini UIN Sunan Kalijaga



Setiawan Tiada Tara Saat Menyampaikan Materi Kominikasi Efektif

Yogyakarta, Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, adakan Communicology Week dengan mengusung tema “Welcoming Expo ’12,  We Create, We Improve, We Share ”. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora setempat serta digelar selama 5 hari pada tanggal 15 – 19 Oktober 2012. Acara ini terselenggara atas sinergisitas lima komunitas yang aktif di Prodi Ilmu Komunikasi yaitu, PRO (Public Relation Oriented), KOSTRAD (Komando Strategi Advertising), Rumah Inspirasi Idekata, Neon Photography, dan IKOM UIN Radio.
Dalam acara ini banyak diadakan kegiatan, salah satunya Workshop Public Speaking dengan merangkul, Setiawan Tiada Tara sebagai pembicara, yang diselenggarakan 16 Oktober 2012 bertempat di Interaktif Center Fakultas Isoshum. Dalam workshop ini Setiwan Tiada Tara menyampaikan bahwa komunikasi itu sebenarnya adalah permainan kata, untuk itu kita harus berhati-hati memilih kata-kata, karena kata-kata yang kita ucapkan akan mencerminkan siapa kita. “ jika kita berbicara kita harus memperhatikan pribadi dan keadaan emosional lawan bicara kita, karena kunci utama dari komunikasi efektif itu adalah menghormati, bersikap rendah hati serta pesan yang jelas dan terperinci”, tutur Setiawan yang selalu diselingi humor. Setiawan menambahkan bahwa dalam berbicara, berapapun audience nya, kita harus mampu menguasai diri kita, yakin dan percaya diri.
“Dalam Communicology Week ini akan diadakan berbagai workshop dan kompetisi. Diantaranya, Workshop dan Lomba Kepenulisan di hari pertama, Workshop Public Speaking pada hari kedua, Workshop TVC di hari ketiga, Workshop Fotografi hari keempat, Workshop Manajemen Radio Streaming di hari kelima, Stand Komunitas, Penampilan Jogjakustik dan ditutup dengan Closing Ceremony”, Tutur Durrotul Mas’udah selaku ketua panitia penyelenggara.
Durrotul Mas’udah menambahkan diadakannya Welcoming Expo ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pengetahuan yang lebih luas dan mendalam kepada mahasiswa  tentang Ilmu Komunikasi. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan kelima komunitas yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Humaniora, UIN Sunan Kalijaga, sehingga diharapkan akan menumbuhkan minat mahasiswa terhadap berbagai bidang Ilmu Komunikasi.
“ Kegiatan ini sangat membantu sekali eksistensi dari komunitas yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi, karena dengan acara ini komunitas dapat memamerkan prestasi-prestasi yang telah di capai dan sebagai ajang sosialisasi komunitas kepada mahasiswa baru dan masyarakat luas ”, ucap Febrian Zulkarnaen, Ketua Neon Photography Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora .
Diah Ajeng, M.Si, Dosen Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora menyampaikan bahwa, jajaran Prodi sangat mendukung kegitan ini. Diharapkan dengan Communicology Week ini, mahasiswa menjadi lebih berkembang wawasannya dan mulai memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki karena perkembangan Komunikasi sangat cepat dan fleksibel. (Doni Tri W- Humas UIN Suka).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar